Main Article Content

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi antar pribadi akan selalu terjadi tak terkecuali di lingkungan kampus. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan model bimbingan kelompok dengan teknik outbound yang efektif untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), desain penelitian one group pretest and posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bimbingan kelompok teknik outbound untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi mahasiswa yang efektif dikembangkan melalui 10 komponen dan lebih menekankan pada tahap kegiatan melalui the briefing dalam bentuk focus discussion. Kesimpulan bahwa layanan bimbingan kelompok mempunyai peran penting dalam mengembangkan kemampuan komunikasi antar pribadi mahasiswa terutama dengan teknik outbound sehingga perlu dikembangkan lagi dengan ide-ide yang lebih kreatif agar bisa digeneralisasikan.

Keywords

Group Guidance of Outbound Technique Interpersonal Communication

Article Details

References

  1. De Vito, Joseph A. 2007. The Interpersonal Communication Book. USA: Pearson Education Inc.
  2. Djamaluddin Ancok. 2007. Outbound Manajement Training. Yogyakarta : UII Press
  3. Mugiarso, Heru,dkk. 2011. Bimbingan & Konseling. Semarang : UNNES PRESS.
  4. Prayitno, 1995. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Prayitno dan Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta:
  6. Rineka Cipta.
  7. Romlah, Tatik. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
  8. Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: UNNES PRESS
  9. Sugiyono. 2005. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  10. ……….. 2010. Metode Penelitian Pendidikan(pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D).Bandung : alfabeta
  11. Wibowo, Mungin Eddy 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang : UPT UNNES Press.
  12. Winkel, W. S. & M. M. Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta : Media Abadi.