Main Article Content

Abstract

This study aimed to determine the relationship of principal leadership with teacher work motivation; Principal ethical behavioral relationship with teacher work motivation; Leadership relationships and principal ethical behavior with teacher work motivation; And the relationship of work motivation with teacher performance. Subjects of this study were 20 teachers. The implications are: 1) Principal is expected to lead and coordinate all activities in school thus results can be felt directly by teachers to improve their work motivation. 2) Principal’s ethical attitudes and actions make teachers feel cared for and respected, thus improving great passion to work. 3) Teacher’s work motivation cannot be used as a indicator to improve teacher’s performance, but work motivation can be directed to improve work productivity in school

Keywords

leadership ethical behavior work motivation teacher perfomance

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Dzulfadli. 2010. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Motivasi Kerja Guru di SMA Hasanuddin Lagoa Jakarta Utara, Jakarta:UIN Syarif Hidayatullah (Skripsi).
  3. Gustian. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Universitas Negeri Padang, Padang: FEUniversitas Tamansiswa (Skripsi).
  4. Griffin, Ricky W. dan Ronald J. Ebert. 2007. Bisnis Jilid I, Jakarta: Erlangga.
  5. Mulyasa, E. 2005. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  6. Nugraha, Widharma. 2015. Pengaruh Pengendalian Intern, Kepatuhan dan Kompensasi Manajemen terhadap Perilaku Etis Pegawai, Surakarta: FEB- UMS (Naskah Publikasi Skripsi). Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
  7. Rifai, Mahmud. 2013. Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo, Gorontalo: Prodi Manajemen Pendidikan, FIP, Universitas Negeri Gorontalo (Artikel Skripsi).
  8. Riyaniningsih, Sumbar Prih dan SL. Triyaningsih. 2010. Pengaruh Disiplin, Balas Jasa, dan Keteladanan Pimpinan terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Surakarta: Jurnal Manajemen Sumber daya Manusia Vol. 4 No. 2 Desember 2010.
  9. Sari, Aida Rahmita. 2013. Hubungan Motivasi dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Yogyakarta: FE, UNY (Skripsi) Sudarya, Yahya dan Tatang Suratno. 2009, Dimensi Kepemimpinan Kepala Sekolah, http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PE NDIDIKAN_DASAR /Nomor_12- Oktober_2009/DIMENSI_KEPEMIMPIN AN_KEPALA_ SEKOLAH.pdf diakses 2 Mei 2016. Sugianto, 2011. Pengaruh Motivasi Kerja dan Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan,Yogyakarta: FE, UPN.(Skripsi)
  10. Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta. ------------. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
  11. Sumarno. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Paguyangan Kabupaten Tegal, Semarang: PPs – Program Studi Manajemen Pendidikan, UNNES (Tesis).
  12. Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian, Yogyakarta: Gava Media