Implikasi Budaya Organisasi Fakultas pada Kinerja Dosen dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Main Article Content

A. Rony Yulianto

Abstract

Budaya Organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Kinerja Dosen Pendidikan Ekonomi secara
simultanmemiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Artinya bahwa pengembangan budaya organisasi di
FKIP dan peningkatan kinerja dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa
selamakuliah di universitas. Konstata koefisien regresi memiliki sebesar 2,870 skor koefisien regresi dari variabel budaya
organisasi FKIP adalah 0,157 dan variabel kinerja dosen Pendidikan Ekonomi adalah 0,508. Dari hasil penelitian ini dapat
diperoleh implikasi teoritis, implikasi terapan dan implikasi lanjutan.(1)Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja
dosen yang bekerja di lingkungan perguruan tinggi. (2)Kinerja dosen dalam melakukan pelayanan akademik, penelitian
maupun pengabdian masyarakat dapat menentukan kepuasan pengguna jasa pendidikan, khususnya mahasiswa.(3) Di
dalam kontek pemasaran jasa pendidikan, tingkat kepuasan pengguna jasa perlu diperhatikan keberadaannya, sehingga
eksistensi institusi pendidikan tinggi dapat dipertahankan.(4)Budaya organisasi berpengaruh yang signifikan terhadap
kinerja dosen. Keberadaan budaya organisasi fakultas dapat dijadikan sebagai acuan bagi para dosen dalam
melaksanakan aktivitas kerja di kampus.(5)Kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk
setiap dosen hendaknya mampu menunjukkan kinerja yang terbaik dalam melaksanakan perannya sebagai pengajar
sekaligus ilmuwan kepada para pengguna jasa, khususnya mahasiswa. Dengan demikian akan memberi tingkat kepuasan
yang tinggi para mahasiswa sebagai pengguna layanan

Article Details

Section
Articles

References

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber
Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.
Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014.
Konsumen dan Pelayanan Prima,
Yogyakarta: Gava Media.
Habibi, Beni. 2013. Tegal: Jurnal Penelitian
dan Wacana Pendidikan Cakrawala,
vol.7, No.11, Nopember 2013.
Huda, Muhammad Khomarul. 2014. Pengaruh
Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja
Dosen dan Iklim Organisasi Terhadap
Kepuasan Mahasiswa Mengikuti
Perkuliahan di FKIP Universitas
Simalungun Pematangsiantar, Medan:
PPs- Universitas Negeri Medan (Thesis).
Indrajit, R. Eko dan R.Djokopranoto. 2006.
Manajemen Perguruan Tinggi Modern,
Yogyakarta: Andi.
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian, Jakarta:
Ghalia Indonesia.
CAKRAWALA: Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan
Vol. 9, No.2. November 2015
77
Pratama, Yoga. 2012. Pengaruh Budaya
Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di
Kantor Kecamatan Nanggung
Kabupaten Bogor, Depok: Prodi
Administrasi Negara, Fisip, UI.(Skripsi)
Rahmawati, Diana. 2013. Analisis Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Kepuasan
Mahasiswa, Yogyakarta: Jurnal
Economia, Vol.9, No.1 April 2013.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian,
Bandung: Alfabeta.
_______. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D, Bandung: Alfabeta.
Suryani, Aman. 2012. Pengaruh Budaya
Organisasi dan Etika Kerja Terhadap
Kinerja Dosen Perguruan Tinggi di Kota
Sibolga dan Kabupaten Tapanuli
Tengah, Medan: Program Studi
Administrasi Pendidikan, PPs –
Universitas Negeri Medan (Thesis)
Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis
SPSS dalam Penelitian, Yogyakarta:
Gava Media