Main Article Content

Abstract

Budaya Organisasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Kinerja Dosen Pendidikan Ekonomi secara
simultanmemiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Artinya bahwa pengembangan budaya organisasi di
FKIP dan peningkatan kinerja dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa
selamakuliah di universitas. Konstata koefisien regresi memiliki sebesar 2,870 skor koefisien regresi dari variabel budaya
organisasi FKIP adalah 0,157 dan variabel kinerja dosen Pendidikan Ekonomi adalah 0,508. Dari hasil penelitian ini dapat
diperoleh implikasi teoritis, implikasi terapan dan implikasi lanjutan.(1)Budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja
dosen yang bekerja di lingkungan perguruan tinggi. (2)Kinerja dosen dalam melakukan pelayanan akademik, penelitian
maupun pengabdian masyarakat dapat menentukan kepuasan pengguna jasa pendidikan, khususnya mahasiswa.(3) Di
dalam kontek pemasaran jasa pendidikan, tingkat kepuasan pengguna jasa perlu diperhatikan keberadaannya, sehingga
eksistensi institusi pendidikan tinggi dapat dipertahankan.(4)Budaya organisasi berpengaruh yang signifikan terhadap
kinerja dosen. Keberadaan budaya organisasi fakultas dapat dijadikan sebagai acuan bagi para dosen dalam
melaksanakan aktivitas kerja di kampus.(5)Kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Untuk
setiap dosen hendaknya mampu menunjukkan kinerja yang terbaik dalam melaksanakan perannya sebagai pengajar
sekaligus ilmuwan kepada para pengguna jasa, khususnya mahasiswa. Dengan demikian akan memberi tingkat kepuasan
yang tinggi para mahasiswa sebagai pengguna layanan

Keywords

Kepuasan Mahasiswa Budaya Organisasi Kinerja Dosen

Article Details

References

  1. Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber
  2. Daya Manusia, Jakarta: Erlangga.
  3. Daryanto dan Ismanto Setyabudi. 2014.
  4. Konsumen dan Pelayanan Prima,
  5. Yogyakarta: Gava Media.
  6. Habibi, Beni. 2013. Tegal: Jurnal Penelitian
  7. dan Wacana Pendidikan Cakrawala,
  8. vol.7, No.11, Nopember 2013.
  9. Huda, Muhammad Khomarul. 2014. Pengaruh
  10. Persepsi Mahasiswa tentang Kinerja
  11. Dosen dan Iklim Organisasi Terhadap
  12. Kepuasan Mahasiswa Mengikuti
  13. Perkuliahan di FKIP Universitas
  14. Simalungun Pematangsiantar, Medan:
  15. PPs- Universitas Negeri Medan (Thesis).
  16. Indrajit, R. Eko dan R.Djokopranoto. 2006.
  17. Manajemen Perguruan Tinggi Modern,
  18. Yogyakarta: Andi.
  19. Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian, Jakarta:
  20. Ghalia Indonesia.
  21. CAKRAWALA: Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan
  22. Vol. 9, No.2. November 2015
  23. 77
  24. Pratama, Yoga. 2012. Pengaruh Budaya
  25. Organisasi terhadap Kinerja Pegawai di
  26. Kantor Kecamatan Nanggung
  27. Kabupaten Bogor, Depok: Prodi
  28. Administrasi Negara, Fisip, UI.(Skripsi)
  29. Rahmawati, Diana. 2013. Analisis Faktor-faktor
  30. yang Mempengaruhi Kepuasan
  31. Mahasiswa, Yogyakarta: Jurnal
  32. Economia, Vol.9, No.1 April 2013.
  33. Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian,
  34. Bandung: Alfabeta.
  35. _______. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
  36. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
  37. R&D, Bandung: Alfabeta.
  38. Suryani, Aman. 2012. Pengaruh Budaya
  39. Organisasi dan Etika Kerja Terhadap
  40. Kinerja Dosen Perguruan Tinggi di Kota
  41. Sibolga dan Kabupaten Tapanuli
  42. Tengah, Medan: Program Studi
  43. Administrasi Pendidikan, PPs –
  44. Universitas Negeri Medan (Thesis)
  45. Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis
  46. SPSS dalam Penelitian, Yogyakarta:
  47. Gava Media