Pengembangan E-book Problem Based Learning Materi Ekosistem Terintegrasi Kearifan Lokal Sumur Panguripan Surabaya Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik

Main Article Content

Shella Margalita
Endang Susantini
Sunu Kuntjoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis kearifan lokal Sumur Panguripan Surabaya dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas dalam meningkatkan literasi digital peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ASSURE. Validitas diperoleh dari hasil validasi dua dosen ahli mendapatkan persentase validitas Aikens’V sebesar 1% yang berada pada kategori sangat valid dan layak untuk diujicobakan. Kepraktisan e-book berada pada kategori sangat praktis, hal ini ditunjukkan dari aspek keterbacaan yang berada pada level 12, observasi guru dengan persentase 95%, dan aktivitas siswa selama pembelajaran dengan persentase 90%. Efektivitas diukur melalui pre-test dan post-test, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 88,9 dan nilai N-Gain 0,72 (kategori tinggi). Hasil indikator literasi digital menunjukkan capaian yang sangat efektif, dengan nilai rata-rata photo visual skill 94%, branching skill 87%, reproductive skill 83%, dan Information skill 91%. Respons guru dan siswa juga sangat positif, masing-masing sebesar 95,8% dan 91%. E-book ini terbukti dapat meningkatkan literasi digital siswa dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan berpotensi menjadi inovasi untuk pembelajaran literasi digital.

Article Details

How to Cite
Margalita, S., Susantini, E. ., & Kuntjoro, S. . (2025). Pengembangan E-book Problem Based Learning Materi Ekosistem Terintegrasi Kearifan Lokal Sumur Panguripan Surabaya Untuk Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 19(1), 79–97. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v19i1.477
Section
Articles

References

Alhafizha, B. Z. (2023). Tingkat Keterbacaan Wacana dengan Menggunakan Fog Index pada Teks Bacaan Buku Bahasa Indonesia Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. IAIN Ponorogo.
Alkali, Y. E., & Amichai-Hamburger, Y. (2004). Experiments in Digital Literacy. CyberPsychology & Behavior, 7(4), 421–429. https://doi.org/10.1089/cpb.2004.7.421
Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538
Andikaningrum, L., Damayanti, W., & Dewi, C. (2014). Efektivitas E-Book Berbasis Multimedia Menggunakan Flip Book Maker sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran TIK Kelas XI SMA Kristen Satya Wacana Salatiga). Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi FTI-UKSW.
Anih, E., & Nurhasanah, N. (2016). Tingkat Keterbacaan Wacana pada Buku Paket Kurikulum 2013 Kelas 4 Sekolah Dasar Menggunakan Formula Grafik Fry. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 181–189. https://doi.org/10.36989/didaktik.v1i2.2
Anwas, O. M. (2016). Model Buku Teks Pelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Kwangsan, 4(1), 17. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v4n1.p17--32
Aprianto, D., & Wahyudi, A. (2023). Integrasi Manajemen Kurikulum, Pengembangan Profesional Guru, Dan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 4414–4424. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.30950
Aprilia, T., Sunardi, S., & Djono, D. (2017). Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasarr. Teknodika, 15(2), 75. https://doi.org/10.20961/teknodika.v15i2.34749
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Asri Ismail, Asis Nojeng, M. Miftach Fakhri, Rosidah, & Asham Bin Jamaluddin. (2023). PKM Digitalisasi Pembelajaran: Meningkatkan Literasi Digital Melalui Aplikasi Kinemaster. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 198–206. https://doi.org/10.61255/vokatekjpm.v1i3.191
Azizah, V. N., & Budijastuti, W. (2021). Media Pembelajaran Ilustratif E-Book Tipe Flipbook Pada Materi Sistem Imun Untuk Melatihkan Kemampuan Membuat Poster. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 2(2), 40–51. https://doi.org/10.26740/jipb.v2n2.p40-51
Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. W. (2021). Reflection literacy: A multilevel perspective on the challenges of using reflections in higher education through a comprehensive literature review. Educational Research Review, 32, 100376. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100376
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.12179
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi Efektivitas Penggunaan Teknologi Komunikasi Dalam Pengajaran Metode Pendidikan Tradisional Di Sekolah Dasar. Journal of Scientech Research and Development, 5(1), 208–219. https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i1.130
Danaei, D., Jamali, H. R., Mansourian, Y., & Rastegarpour, H. (2020). Comparing reading comprehension between children reading augmented reality and print storybooks. Computers & Education, 153, 103900. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103900
Dewi, N. P. S. R., Wibawa, I. M. C., & Devi, N. L. P. L. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Proses Dalam Pembelajaran Siklus Belajar 7E Berbasis Kearifan Lokal. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9476
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., Slamet, S. Y., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.56190
Haryadi, R. N., Utarinda, D., Poetri, M. S., & Sunarsi, D. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Informatika Utama, 1(1), 28–35. https://doi.org/10.55903/jitu.v1i1.76
Hebebci, M. T., & Usta, E. (2022). The Effects of Integrated STEM Education Practices on Problem Solving Skills, Scientific Creativity, and Critical Thinking Dispositions. Participatory Educational Research, 9(6), 358–379. https://doi.org/10.17275/per.22.143.9.6
Hetilaniar, Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v13i1.11936
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2017). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1), 102415.
Kemendikbudristek. (2020). Buku Saku Merdeka Belajar Prinsisp dan Implementasi pada Jenjang Pendidikan SMA. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, R., & Cholifah, N. (2021). Pemanfaatan E-book untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kudus. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14671
Martir, L., Beku, V. Y., Nono, U., Lawe, Y. U., & Dhiu, L. M. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas IV SDI Rutosoro. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 53–65. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.911
Masyhuri, A. A. (2024). Revolusi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Dampak Perkembangan Teknologi Informasi. PUSAKA: Journal of Educational Review, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.56773/pjer.v2i1.42
Monalisa, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Dokumenter Netflix ‘The Social Dilemma’dalam Pembelajaran Dampak Sosial Informatika Kelas 9 pada Sekolah Penggerak Angkatan 1. INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 7–18. https://doi.org/10.56842/infotika.v3i2.330
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, M., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi digital. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh Model Pbl Bermuatan Kearifan Lokal terhadap Sikap Sosial dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 86. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417
Putra, D. A., Rahmawati, Y., & Putranto, H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Sistem Distribusi Energi Listrik Berbasis Pemahaman Konsep bagi Mahasiswa Program Studi S1 Teknik Elektro Di Universitas Negeri Malang. INAJEEE Indonesian Journal of Electrical and Eletronics Engineering, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.26740/inajeee.v2n2.p14-22
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Rahmah, N., Hariana, K., Muchdar, M., Asriani, A., Aprilia, A., & Khotimah, K. (2024). Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Alam Menggunakan Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal Kaili di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 79–95. https://doi.org/10.32332/elementary.v10i1.9289
Rahmawati, A. D., & Fitrihidajati, H. (2023). The Development of Interactive e-book on Ecosystem Topic to Train Digital Literacy of 10th Grade Senior High School Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 272–286.
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III.
Rohmah, M., Priyono, S., & Septika Sari, R. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Miskonsepsi Peserta Didik SMA. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 7(01), 39–47. https://doi.org/10.30599/utility.v7i01.2165
Safirah, A. D., Ningsih, Y. F., Suhartiningsih, S., Masyhud, M. S., & Hutama, F. S. (2024). Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(2), 87–96. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n2.p87-96
Sari, D. N., & Alfiyan, A. R. (2023). Peran Adaptasi Game (Gamifikasi) dalam Pembelajaran untuk Menguatkan Literasi Digital: Systematic Literature Review. UPGRADE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.30812/upgrade.v1i1.3157
Sari, S. P., Hasibuan, H., Suri, E. M., Afriwes, & Mere, K. (2023). Pengaruh Pemanfaatan E-Book Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1829–1832. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21096
Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 492–501. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p492-501
Sofyan, H., Wagiran, K. K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. News. Ge. Yogyakarta: UNY.
Sonia, S., & Yuliani, Y. (2023). Keefektifan Penggunaan E-Book Interaktif Enzim sebagai Bahan Ajar untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.26740/jipb.v4n2.p113-124
Susantini, E., Puspitawati, R. P., Raharjo, & Suaidah, H. L. (2021). E-book of metacognitive learning strategies: design and implementation to activate student’s self-regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 16(1), 13. https://doi.org/10.1186/s41039-021-00161-z
Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Mitra Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah dan Problematikanya. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 102–120. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.439.102-120
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi digital. Jurnal Akrab, 10(2), 60–69.
Wahyuni, L., & Rahayu, Y. S. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314–325. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325