Main Article Content
Abstract
Validitas konstruk adalah sejauh mana hasil pengukuran dianggap mencerminkan
konstrak (construck) dalam suatu teori. Uji validitas konstruk pada tes prestasi belajar
diperlukan untuk konfirmasi antara validitas konten/isi yang telah dibuat dan data empirik.
Model analisis yang cukup komprehensif untuk uji validitas konstrak adalah analisis faktor
yang terdiri dari analisis faktor eksplanatori dan analisis faktor konfirmatori. Analisis faktor
konfirmatori dapat dilakukan dengan model persamaan struktural (structural equation
modeling, SEM). Dengan Analisis konfirmatori peneliti dapat memodifikasi model untuk
disesuaikan dengan data yang dimilikinya, sesuatu yanag tidak dapat dilakukan pada analisis
eksplanatori. Dengan menggunakan data empirik, terbukti model persamaan struktural sangat
tepat digunakan untuk menguji validitas konstruk tes prestasi belajar di sekolah.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Holland. PW & Thaycr. DT (1988). Test Validity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates,
- Publishers
- Imam Ghozali & Fuad, (2005). Structural equation modeling, Semarang: Badan Penerbit Universitas
- Diponegoro
- Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1996). LISREL 8: user’s reference guide. Chicago, IL:SSI, Inc.
- Joreskog, K.G. & Sorbom, D., Toit,S. & Toit, M.. (2000). LISREL 8: New statistical features.. Chicago,
- IL:SSI, Inc.
- Kerlinger, Fred N (1996). Asas-asas Penelitian Behavioral (Edisi Ketiga), diterjemahkan
- Simatupang L. R. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
- Kusnendi.(2008). Model-model Persamaan Struktural. Bandung: CV Alfabeta
- Mansyur, Rasyid, H & Suratno.(2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi
- Pressindo
- Mardapi, D. (Maret 1997). Ragam bentuk evaluasi. Makalah Semiloka Evaluasi Sistem Penilaian dan
- Pengukuran Hasil Belajar Mahasiswa UGM, di Universitas Gadjah Mada .
- _________.(1999). Estimasi kesalahan pengukuran dalam bidang pendidikan dan implikasinya pada
- ujian nasional. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Yogyakarta. 11 September 1999
- _________.(2004). Penyusunan tes hasil belajar. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana, Universitas
- Negeri Yogyakarta.
- _________.(April 2005). Penerapan matematika dan statistika pada pengukuran pendidikan. Makalah
- Seminar Nasional Matematika II, di Universitas Pancasakti .
- Retnowati, P.(2004). Seribu Pena Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga
- Setyo H Wijayanto. (2002). Structural equation modeling & lisrel 8.51 for window. Tidak
- diterbitkan. Jurusan akuntansi, Fakultas Ekonomi UI
- Suryabrata, S. (1984). Pembimbing ke psikodiagnostik (edisi ke 2). Yogyakarta: Sarasin
- ____________. (1987). Pengembangan tes hasil belajar. Jakarta: CV. Rajawali.
- Messick, Samuel. (1993). “Validity”, Educational Measurement, Third Edition, ed. Robert L.
- Linn. New York: American Council on Education and Macmillan Publishing Company,
- A Division of Macmillan, Inc.
- Mueller, RO.(1996). Basic principle of structural equation modeling: An introduction to
- LISREL and EQS. Springer-Verlag New York, Inc