Uji Validitas Konstruk Tes Prestasi Belajar dengan Penerapan Model Persamaan Struktural

Main Article Content

Purwo Susongko

Abstract

Validitas konstruk adalah sejauh mana hasil pengukuran dianggap mencerminkan
konstrak (construck) dalam suatu teori. Uji validitas konstruk pada tes prestasi belajar
diperlukan untuk konfirmasi antara validitas konten/isi yang telah dibuat dan data empirik.
Model analisis yang cukup komprehensif untuk uji validitas konstrak adalah analisis faktor
yang terdiri dari analisis faktor eksplanatori dan analisis faktor konfirmatori. Analisis faktor
konfirmatori dapat dilakukan dengan model persamaan struktural (structural equation
modeling, SEM). Dengan Analisis konfirmatori peneliti dapat memodifikasi model untuk
disesuaikan dengan data yang dimilikinya, sesuatu yanag tidak dapat dilakukan pada analisis
eksplanatori. Dengan menggunakan data empirik, terbukti model persamaan struktural sangat
tepat digunakan untuk menguji validitas konstruk tes prestasi belajar di sekolah.

Article Details

How to Cite
Susongko, P. (2010). Uji Validitas Konstruk Tes Prestasi Belajar dengan Penerapan Model Persamaan Struktural. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 4(8), 41–52. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v4i8.32
Section
Articles

References

Holland. PW & Thaycr. DT (1988). Test Validity. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates,
Publishers
Imam Ghozali & Fuad, (2005). Structural equation modeling, Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro
Joreskog, K.G. & Sorbom, D. (1996). LISREL 8: user’s reference guide. Chicago, IL:SSI, Inc.
Joreskog, K.G. & Sorbom, D., Toit,S. & Toit, M.. (2000). LISREL 8: New statistical features.. Chicago,
IL:SSI, Inc.
Kerlinger, Fred N (1996). Asas-asas Penelitian Behavioral (Edisi Ketiga), diterjemahkan
Simatupang L. R. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kusnendi.(2008). Model-model Persamaan Struktural. Bandung: CV Alfabeta
Mansyur, Rasyid, H & Suratno.(2009). Asesmen Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Multi
Pressindo
Mardapi, D. (Maret 1997). Ragam bentuk evaluasi. Makalah Semiloka Evaluasi Sistem Penilaian dan
Pengukuran Hasil Belajar Mahasiswa UGM, di Universitas Gadjah Mada .
_________.(1999). Estimasi kesalahan pengukuran dalam bidang pendidikan dan implikasinya pada
ujian nasional. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Yogyakarta. 11 September 1999
_________.(2004). Penyusunan tes hasil belajar. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana, Universitas
Negeri Yogyakarta.
_________.(April 2005). Penerapan matematika dan statistika pada pengukuran pendidikan. Makalah
Seminar Nasional Matematika II, di Universitas Pancasakti .
Retnowati, P.(2004). Seribu Pena Kimia SMA untuk kelas XI. Jakarta: Erlangga
Setyo H Wijayanto. (2002). Structural equation modeling & lisrel 8.51 for window. Tidak
diterbitkan. Jurusan akuntansi, Fakultas Ekonomi UI
Suryabrata, S. (1984). Pembimbing ke psikodiagnostik (edisi ke 2). Yogyakarta: Sarasin
____________. (1987). Pengembangan tes hasil belajar. Jakarta: CV. Rajawali.
Messick, Samuel. (1993). “Validity”, Educational Measurement, Third Edition, ed. Robert L.
Linn. New York: American Council on Education and Macmillan Publishing Company,
A Division of Macmillan, Inc.
Mueller, RO.(1996). Basic principle of structural equation modeling: An introduction to
LISREL and EQS. Springer-Verlag New York, Inc